Kelirumologi

Mens sana in corpore sano Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat
pepatah yang sudang ada sejak jaman dulu itu selalu diajarkan pada anak-anak SD untuk pelajaran pendidikan jasmani. tetapi di sini ada sedikit hal yang menarik yang menjadikan saya tertarik untuk membuat sebuah artikel yang membahas tentang kelirumologi, nah sebagai contoh tentang kelirumologi ini yah tentang pepatah Mens Sana In Corpore Sano .

Seperti yang di katakan Bpk.Jaya Suprana, pepatah ini keliru, kita ambil contoh yang mudah-mudah saja yang berada di sekitar kita. Lihat saja orang sakit jiwa, banyak dari mereka yang memiliki tubuh sehat, tetapi jiwanya sakit, atau para kriminal yang fisiknya sehat bahkan berbadan kuat, tetapi jiwa mereka sakit. hahaha :D , kekeliruan semacam ini memang sudah biasa terjadi di sekitar kita benar kan ??


Selain itu di mata Bpk.Jaya Suprana, kehidupan ini memang aneh sekali penuh dengan kekeliruan. jaya suprana menghimpun berbagai macam kesalahan-kesalahan dalam kehidupan kita sehari-hari dan meramunya menjadi disiplin ilmu yang dia sebut " Kelirumologi" ilmu apaan lagi ini ?? og namanya aneh banget yah ?? hahaha :D ndak perlu difikir sudah ada yang memfikirkanya sendiri . 

Ilmu ini semacam kajian dari kekeliruan manusia yang sering sekali di lakukan tanpa kita sadari bahwa kita melakukan sebuah kesalahan. dengan membedah kekeliruan yang sering di lakukan tanpa kita sadari. Jaya ingin menohok ruang kesadaran manusia . Dia ingin menyindir sebagaian orang yang sok jado atau yang biasa saya sebut " Kemoncolen " :D . bahwa kita juga ternyata masih sering terjeak dalam berbagai kekeliruan. " Tujuanya sih untuk menelanjangi superioritas umat manusia"

Lewat Kelirumologinya inilah dia mengajak orang mempelajari kekeliruan-kekeliruan untuk mencari kebenaran. manurut sanga kelirumolog ini.  kelirumologi adalah esensi dari sukma ilmu pengetahuan selama seseorang betul-betul mengayati ilmu pengetahuan, otomatis ia seorang kelirumolog. 
Binggung ?? pastinya hehehe  :D 

salah satu contoh kekeliruan dalam masyarakat kita atau di lingkungan kita sendiri. yakni anggapan seseorang terhadap Stres . stres adalah anugerah yang mahakuasa sebagai energi. tanpa stres, manusia menjadi loyo,pasif,apatis, dan nggak berdaya. nah makanya semua seminar yang bermaksud menghilangkan stres dia anggap keliru." Gila apa stres kok mau di hilangkan. kita justru harus mengelola stres menjadi stres yang positif . bahasa kerenya ( EUSTRESS) agar tidak menjadikan kita tertekan bahasa kerenya( DISTRESS) 

memang sedikit sepele yang di himpun di ilmu kelirumologi ini . tetapi kita di tuntut untuk lebih teliti sedikit. ternyata banyak kekeliruan itu menyangkut masalah cara pandang . bahasa gaulnya sih " PARADIGMA " asik .. :D, nah paradigma itu sendiri mirip sama kacamata yang kita pakai untuk melihat kehidupan, sesuatu hal yang sama bisa jadi berbeda jika di pandang dengan paradigma yang berbeda . mungkin kisah tukang batu ini bisa sedikit menjelaskanya .. 

ada dua orang tukang bangunan yang sedang terlibat dalam pembangunan masjid. tukang batu pertama ditanya tentang pekerjaanya. anda sedang membangun apa ? dia menjawab saya sedang membangun sebuah masjid . dengan pertanyaan yang sama tukang batu kedua pun menjawab sayang sedang membangun peradaban .

nah menarik kan sedikit penggalan ceritanya . walaupun dua-duanya sama-sama sebagai tukang bangunan tetapi jawaban yang mereka berikan sangat berbeda . jawaban tukang batu kedua memberikan gambaran paradigma yang berbeda. nah tukang batu yang pertama hanya menganggap dirinya sebagai tukang batu biasa. sedangkan tukang batu kedua menganggap dirinya bukan sekedar bangunan tetapi yang sedang ia buat yakni pembangunan peradaban . dia tahu, bangunan yang sedang dia buat, nantinya pasti berguna bagi banyak orang . paradigma itu penting banget nah kalau sudah salah paradigma pasti semua langkah dalam hidup kita juga ikutan salah . kalau sudah salah semua ilmu kelirumologi bakal beraksi ...

hahaha nggak terasa ternyata sudah beberapa baris yang sudah saya ketik . di lanjut lain waktu aje yee . tangan ane udah keriting .. :D . leave comment and like, thank's
LihatTutupKomentar